•   Rabu, 19 Februari 2020
Ekonomi China

Bank Nasional Rusia Maju Investasi ke China

( words)
Tampak depan Gedung VEB Bank SP/Fn


SURABAYAPAGI.com – “Bank pembangunan nasional Rusia, VEB tertarik untuk berinvestasi bersama dengan mitra-mitra China dalam proyek-proyek yang mensinergikan Uni Ekonomi Eurasia dan Inisiatif Belt and Road yang diusulkan China” kata kepala bank itu.

"VEB telah mengembangkan hubungan strategis dengan lembaga mitra Cina," Ketua VEB Igor Shuvalov mengutip Xinhua dalam sebuah wawancara baru-baru ini.

Dia mengatakan bahwa Rusia memiliki peran khusus dalam integrasi Eurasia mengingat lokasi geografis dan wilayahnya yang luas, dan negara itu dapat berfungsi sebagai arteri yang nyaman untuk transportasi barang antara Asia dan Eropa.

“Pemerintah Rusia dan China telah menyusun daftar lebih dari 70 proyek investasi yang memiliki prioritas penting bagi kedua negara dan menarik bagi investor, sementara VEB dan Bank Pembangunan Cina telah ditugaskan untuk mengevaluasi mereka” kata Shuvalov.

"Dalam banyak dari mereka kami bermaksud untuk mengambil bagian aktif dan VEB sedang mempertimbangkan 13 proyek dalam daftar," katanya.

Bank utama Rusia sedang menyusun kesepakatan tentang pengembangan infrastruktur transportasi di sepanjang rute pengiriman Kutub Utara, dan melibatkan pembangunan kapal tanker kelas-es dan kapal-kapal pengangkut gas di galangan kapal Zvezda Rusia, kata Shuvalov.

Dia berharap bahwa investasi Tiongkok akan memperkuat kompetensi industri perkapalan Rusia dan memfasilitasi transportasi gas alam cair Rusia yang efisien dan cepat ke Cina dan negara-negara Asia lainnya.

Berita Populer